Lampu Pelican Crossing Nyaman Bagi Pejalan Kaki

2014-06-20 09:51:29 | 3045 pembaca


Berbagai fasilitas disediakan Pemkot Denpasar melalui Dinas Perhubungan Kota Denpasar untuk masyarakat umum pejalan kaki sehingga mempermudah dalam melakukan penyebrangan. Selain menyediakan sebra cross penyeberangan kini Dinas Perhubungan Kota Denpasar memasang lampu Pelican Crossing. Lampu ini telah terpasang di Jalan Diponegoro didepan Mall Ramayana.

Kabid Lalin Dinas Perhubungan Kota Denpasar Sustiawan mengatakan pemasangan lampu pelican crossing merupakan salah satu prasarana transportasi agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik. Sehingga timbul kenyamanan dan konduktivitas dalam berlalu lintas.

Lebih lanjut Sustiawan mengatakan, pelikan crossing yaitu sebuah sistem peringatan dini bagi arus lalu lintas untuk memberikan kesempatan pejalan kaki yang akan menyeberang jalan. Pemasangan pelican crosing ini bertujuan untuk memproritaskan para pejalan kaki yang setiap akan menyeberang jalan raya. Selain itu keberadaan pelikan crosing juga memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

“Pelican Crossing ini merupakan sistem penyeberangan jalan yang cukup efektif, orang cukup menekan tombol pelican tersebut, lalu menunggu hingga semua kendaraan berhenti dan dapat menyeberang dengan aman,” kata Sustiawan.

Diharapkan keberadaan pelican crossing ini turut dijaga masyarakat sehingga terus dapat berfungsi untuk kenyamanan pejalan kaki. Dalam penggunaan dan sosialisasi lampu pelican crossing pihaknya akan menempatkan petugas ditempat lampu tersebut. Pelican crossing ini juga membantu kaum difabel dalam menyebrang jalan dan merasa lebih aman.

Lebih lanjut Sustiawan menambahkan pemasakan lampu pelican crossing ini akan terus dilakukan terutama di daerah-daerah yang pada arus lalu lintas. "Kami harapkan para pengendara kendaraan bermotor agar lebih hati-hati bila ada masyarakat yang menyebrang," harapnya.

Salah seorang pejalan kaki yang memanfaatkan keberadaan lampu pelican crossing Adi Putra mengaku sangat terbantu dengan adanya lampu tersebut. Namun meski demikian masih saja ada pengendara motor yang tidak mau berhenti saat lampu hijau penyebrangan untuk pejalan kaki tersebut menyala. "Kami harapkan pengendara memperhatikan rambu lalin tersebut padahal lampu lalin merah sedangankan pejalan kaki lampunya hijau," ujar Adi. Ini akan lebih memberikan rasa nyaman bagi pejalan kaki apabila aturan yang ada ditaati oleh semua pihak terutama pengendara kendaraan bermotor.

Artikel Terkait

Tidak ada artikel terkait