Pengaduan

user image

03/07/2020, 09:58:59 TARINGDUKCAPIL

Om Swastyastu Bapak/Ibu, Saya mau kasi saran terkait dengan layanan TARINGDUKCAPIL yang memiliki kuota layanan per harinya. Bagaimana jika kuota itu ditiadakan karena mengingat ini sudah online dan sebaiknya tidak perlu ada pembatasan kuota layanan. Di sistem bisa saja menerima semua proses administrasi masyarakat namun pada sisi operator tetap harus mengurutkan administrasi yang masuk berdasarkan waktu pengiriman admisitrasi secara online. Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu hari berikutnya ketika kuota layanan sudah habis dan lebih efektif. Terima kasih.



Informasi Pendukung:

Instansi Tujuan : Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kota Denpasar
Platform : Website
Kategori : Usul / Saran
Jenis Pengaduan : Layanan Publik - Administrasi Kependudukan
User : I Putu Sugi Almantara
Dibaca Sebanyak : 135
Informasi Tambahan :

Tindak Lanjut Pengaduan

2
Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kota Denpasa - Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kota Denpasar 03-07-2020 19:07:17
message user image
TL di Lapangan

Terima kasih banyak atas peran serta saudara telah memberikan saran dan masukan demi pelayanan yg lebih baik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar.

Opsi seperti yang saudara sampaikan pernah kami laksanakan di tahun 2016. Apabila jumlah permohonan masyarakat tidak terlalu banyak dibandingkan kemampuan kami melayani per harinya, mungkin hal itu bisa efektif dan terkendali. Namun, pada kenyataannya permohonan masyarakat demikian banyak, sehingga kemungkinan permohonan masyarakat ada yang baru bisa diverifikasi oleh petugas kami setelah satu minggu satu bulan dan bahkan lebih. 

Pertanyaan yang akan muncul, apakah masyarakat cukup sabar untuk menunggu proses verifikasi oleh petugas sampai waktu itu?  dimana ada kemungkinan bahwa permohonan masyarakat akan dikembalikan apabila persyaratan dan formulir yang dikirimkan kurang lengkap. Terimakasih


I Putu Sugi Almantara 06-07-2020 18:41:43
message user image

Bukannya pada sistem sudah ada berkas berkas yang harus dilengkapi dan d upload ? Sistem bisa saja melakukan validasi terhadap persyaratan apa saja yang wajib untuk diajukan. Untuk masalah waktu verifikasi oleh petugas itu kembali pada dinas terkait sebagaimana cepat respon petugas dalam melakukan verifikasi, mungkin juga dapat membuat standar respon untuk proses verifikasinya agar masyarakat juga tidak menunggu terlalu lama. Kemudian dapat juga notifikasi via email/sms kepada pengguna untuk memberi informasi terkait status proses administrasi yang sudah di update. Jadi poin saya pada saran ini adalah menghapuskan kuota layanan per harinya sehingga aktivitas masyarakat tidak setiap hari berlomba-lomba untuk mendapatkan antrian layanan, misalnya pada permohonan pada administrasi kartu keluarga dan waktu pelayanan yang diumumkan menurut saya menjadi formalitas sampai jam 13.00 sedangkan jam 09.00 layanan sudah habis. Ini menjadi keresahan saya, demi pelayanan kota denpasar yang lebih baik dan maju. Tetap semangat dan Terima kasih Bapak/Ibu atas responnya. 

Komentar

0
Tidak terdapat tanggapan!