Pengaduan

user image

09/09/2015, 10:30:40 Pelayanan Puskesmas 3 Denut Buruk Pak walikota saya mau mengadu, Pagi ini saya periksa/berobat ke puskesmas 3 denpasar utara, Ada beberapa hal yg harus di soroti, sbg warga bapak dari Salah satu banjar di desa peguyangan, saya amat sangat kecewa dengan pelayanan unit tersebut : 1. Jam operasional, pasien sudah ramai sejak jam 7 pagi, ada sekitar 30 org mengantre termasuk saya, dan saya datang jm 7.30 sepulang shift malam, tapi yg saya perhatikan, 30an org tersebut tidak satupun yg memegang nomer antrean, knp ? Ya betul, krn ketidak tahuan mreka akan prosedur tersebut . Knp tidak d beritahu/ d arahkan ? Padahal saya lihat juga staff puskesmas banyak yg lalu lalang, mebanten dll, tidak adakah rasa peduli di diri para staff itu ? Dirasanya cukup dgn menaruh tulisan di tempat pengambilan nomer dgn posisi yg tidak tertangkap mata ? Dan anda tau jm brp operasional di mulai ? Jm 8 ! Adakah dsna terpampang tulisan puskesmas beroprasi jm brp ? NO ! Sampai habis itu tembok depan saya pelototin, tidak ad sama sekali ! Saya harus menunggu slama 30 mnt, dan org yg saya tanyai (pasien juga) dsna sudah 1 jam, oke 30 mnt tidak terasa lama bagi pasien dgn keluhan flu dll, tp klo diare sperti saya ? Duduk nahan empet 30 mnt takut nomer di serobot kebayang kan bro ? 2. Pelayanan buruk, Knp saya blg buruk ? Saya pekerja sebuah hotel di sanur, hotel kami kecil, tapi rating kami di tripadvisor bisa tembus 20 besar, bahkan skrg masuk 10 besar dari puluhan hotel ternama di sanur, knp ? Karena "service" dari staff yg luar biasa sepenuh hati, tidak ada fake smile atau sikap berlebihan yg di buat2, aneh ya, knp saya bandingkan puskesmas dgn hotel, Jd begini lo, keduanya sama2 melayani di bidang jasa right ? Bahkan puskemas lebih tinggi derajatnya dari hotel, krn melayani org yg butuh pertolongan, sdangkan hotel melayani org berlibur, hotel itu wajah keramah tamahan anak bangsa ke dunia org asing, pantas lah jika harus spenuh hati demi nama baik bangsa sendiri di mata dunia . Nah puskesmas ? Ya, puskesmas itu cerminan perlakuan anak bangsa terhadap bangsanya sendiri, perlakuan sperti apa yg saya terima ? Dari baru masuk parkiran, loket, periksa, ambil obat, TIDAK SATU PUN Staff yg tersenyum ramah ! Bahkan saat saya blg terimakasih obatnya (di loket obat), gak ada jawaban "sama2/terimakasih kembali, lekas sembuh ya" NOOoOO nothing bro, beda sekali sama dokter swasta . saat mendaftar ulang pun ada 2 kejadian yg tidak mengenakan di hati saya, ada nih mbak2 yg kesalip nomor antreannya dia nomor 4, mungkin dia tuli atau keasikan ngegosip saya gak ngerti, itu sudah giliran nomer 10 ( bapak d sebelah saya yg anaknya epilepsi ), saya nomer 9, pas bapak itu ke loket membawa nomer yg sudah di panggil dan proses pendaftaran pun berjalan, ujuk ujuk si mbak2 yg td datang nyelonong dan menyodorkan nomer, di kacangin lah si bapak itu sama penjaga loket, pantes gak tuh ? Harusnya kan suru tunggu aja itu si mbak, salah dia yg keasikan sendiri sampe nomernya lewat . Krn saya liat si bpk td kesal, saya senyumin sambil blg "sabar pak nggih", si bapak langsung reda mukanya. Nah saya di loket kan agak lama nih krn baru ngurus JKBM, terjadilah kejadian ke 2 yg bikin saya dongkol pengen jejelin sandal ke mulut bapak ibu penjaga loket ini, dari blakang saya dateng bpk2 udah tua mungkin 50an, kurus kering bajunya lusuh, yaaah mungkin dari warga pak wali yg kurang mampu, sreeeet bertanya lah bpk itu ke penjaga loket "buk, pak tyang jagi metaken, ring dije nike nak mendaftar, niki sampun bakta tyang surat2ne" saya lirik dia pegang map merah berisi fotocopy ktp dan kk, anda tau bro ? Apa tanggapan kedua penjaga loket ini ? Cowok : nak engken to ? To to jemak malu nomer antrane ditu "sambil nunjuk2" Cewek : pak be ngantre pak ? Jekh negak malu pak. Dgn wajah tersenyum bingung bapak itu berjalan k blakang saya mengambil nomer, dan saya perhatikan bpk itu agak sulit dalam membaca keterangan nomer mana yg harus di ambil, tp kbetulan ad org baru dtg yg juga mengambil nomer antrean, jd si bpk ikut2 saja, dan langsung balik ke loket "pak niki nomernya, mangkin dados tyang mendaftar ?" Di bentak lagi bro ! Cowok : negak pak negak !, nyanan panggile Cewek : engken sih bapak ne, be orahin busan, negak gen malu ! Kasian bner si bpk, yg gak ngerti apa2 di begitukan, bukannya di kasi penjelasan yg baik . Yaaah lagi2 saya yg bicara, "Pak, melinggih dumun pak nggih, nike ampun bakte nomer nike, malih jebos nomer pak mepanggil, bakte mriki nomerne baru pak daftar dan menyampaikan keluhan sakit napi, sampun nike, pak ke ruang periksa, drike jang data pak niki, baru pak di panggil untuk priksa, dan ngrereh pil di loket resep" Si bpk "suksma gus nggih" sambil senyum . Dan saat saya balik badan untuk mengambil nomer jkbm saya yg baru di urus, saya lihat senyum sinis dari kedua penjaga loket td sambil mulutnya komat kamit gak jelas. Singkat cerita saya sudah di ruang periksa . 3. Dokter tidak profesional, Jadi begini, ada 2 meja, pertama konsultasi dan cek tensi + suhu tubuh . Saat di meja pertama itu,sambil konsul, tensi tekanan darah berlangsung, cantik sih perawatnya, seumuran saya, 20an, cantik2 tapi kasar smile emoticon Saya pake sweater, bukankah org tensi itu tidak perlu menyingkap lengan baju pun bisa kan ? ini saat saya sodorin lengan, eh di naikin paksa dan kasar, sempat kukunya menggores kulit saya, tp saya diamkan, nah itu mejanya kan kcil dan tangan saya panjang, biar di luruskan kayak gimana juga pasti tertekuk kan ? Di tarik tangan saya bro, kenceng, sambil blg "tangannya jgn di tekuk", saya cuma diem, senyumin, dalam hati makin geriumutan sbnernya . Nah si dokter cowo tua ini jg gak kalah ngeselinnya loh. Masang termometer/temp di ketiak saya, saya kan pake sweater/jumper di dalemnya baju polo kerja, bukannya blg apa kek maaf kek, suru buka kek, ini main tarik leher baju saya, kan kecekek bro ! Udah gitu temp nya ternyta rusak ! 2x tuh leher saya di tarik2 ! Nah pas konsul masalah diare : Dr : sudah brp hari diare ? Sy : 3 harian pak Dr : tadi pagi brp kali k wc ? Sy : belum pak ... Belum slesai saya ngomong Dr : kalo itu bukan diare namanya ! Gilak main potong aja ini dokter Emg yg sakit siapa ? Yg pagi2 td nahan empet krn jam oprasional gak jelas siapa ? "Dalam hati" Sy : diare kok dok, td jam 3an pagi di kantor saya k blakang, krn sempet tertidur ya bangun pagi ini belum k wc . Dr : oh, kalo gtu langsung k bu dokter untuk diagnosa Sy : ngangguk + senyum Nah pas k meja sbelah mau diagnosa, dokternya lenyap Nunggu lagi lah saya, Pas nunggu di ruang yg sama itu, saya mendengar obrolan si dokter cwo + perawat2, staff dll ttg bu dokter yg lenyap ini Dr : kije ye dr. R.. ? Prawat : ije kaden, rapat kone sing ? Dr : rapat ape ye ? Ne pasien bek gati di sisi Prawat : ae puk, jek pragat rapat gen gaene, ing karoan entek . Saya jd mikir, benar juga sih omongan org2 ini, ini kan sudah jm oprasional, klo mau rapat /breefing knp gak pagi td jm 7 atau sepulang/closing nanti, ini kan penelantaran namanya . Dan krn saya sudah tdk kuat menahan perut ini, saya permisi ke toilet . Balik dari toilet, eh si bpk nomer 10 td lagi sama anaknya sudah duduk dpan dr. R, Dr.r : gus darwin ya ini ? Sy : "dari pintu blakang" bukan yg itu buk, saya darwin, yaudah bpk itu aja duluan, saya udah lega barusan hhe Ternyata si bpk habis dari sanglah, cari obat anti epilepsi, tp di suru ke kesini "itu yg saya dengar" Pas bpk itu nanyain hal tersebut k dr.r , eh dr. R malah sibuk baca hasil periksa punya saya, ini yg di layani sungguh2 yg mana coba ? Sambil baca dr r blg : gak ada (nada judes) Bpk : trus saya harus gmn dok ? Anak saya ini takut kambuh lagi Dr. R : brp mili ? Butuhnya brp mili ? Bpk : "bingung" Lagi2 mulut saya gatel Sy : ada di kasi resep sama rs nya pak ? Bpk : ten gus, makanya tyang kesini, krn cuma d beritahu sperti itu sama org sana Dr : "nelfon entah siapa", halo kita punya obat "lupa namanya" di blakang .. Ooo gak ada ya, ya deh. Loh jd td si dr. R ini gak yakin obatnya ad ap nggak, tp kok ngasal jwb "gak ada" pertama tadi hmmm Dan parahnya si bapak d suru balik lagi k loket untuk ngantre minta surat rujukan, gila bener ini puskesmas, knp gak dari td aja kasi tau si bapak woooeee ! Saya yakin si bpk sudah menyampaikan maksud kedatangannya dari td d loket daftr ulang, bner2 di bikin rugi si bpk, kalo dia pake jkbm sih gak rugi materi, tp klo pasien biasa, mayan tuh rugi 15rb biaya admin, bisa pake bliin anaknya nasi bungkus hmm Jadi intinya, apa hanya di denpasar saja pelayanan puskesmasnya sperti ini ? Apa krn trlalu banyak yg pakai jkbm/gratis maka pelayannya amburadul dan tidak pantas sperti ini ? Saya bukannya tidak mampu bayar dokter swasta, tapi jika ada pelayanan gratis dari pemerintah knp tidak di manfaatkan ? Dan lagi krn efisiensi waktu jadwal kerja saya yg harus masuk jm 3 sore stelah ini, jd tidak bisa k dokter umum yg buka jm 6 sore rata2, Trus mentang2 gratisan harus sperti ini servicenya ? Bgini cara memperlakukan bangsa sendiri ? Saya dari balita sampai berumur 21 tahun ini langganan ke puskesmas, baru skrg ini dijengkelkan separah ini. Pak mangku kenken ne? Jkbmnya di service ecek2, de revitalisasi gen itungne, ne malu evaluasi ! Salam kepalan tangan kiri !

Informasi Pendukung:

Instansi Tujuan : Dinas Kesehatan Kota Denpasar
Platform : Facebook
Kategori : Keluhan
Jenis Pengaduan : Layanan Publik - Layanan Publik Lainnya
Pelapor : Gus Darwin
Dibaca Sebanyak : 1837

Tindak Lanjut Pengaduan

1
Dinas Kesehatan Kota Denpasar - Dinas Kesehatan Kota Denpasar 30-11--0001 00:00:00
message user image
TL di Lapangan
Kpd Yth. Sdr. Gus Darwin Membaca pengaduan Saudara tertanggal 09-09-2015 mengenai pelayanan di Puskesmas III Denpasar Utara pada prinsipnya kami telah mengupayakan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat baik di Puskesmas (di dalam gedung maupun di luar gedung). Kami mengucapkan terima kasih karena Saudara telah mempergunakan sarana pelayanan yang ada di Pusk. III Denpasar Utara dan terima kasih pula atas masukan-masukan yang disampaikan melalui PRO Denpasar kami telah tindak lanjuti demi perbaikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Kota Denpasar. Evaluasi yang telah kami laksanakan adalah sbb : 1. Pengambilan No. Antrean di Pusk. III Denpasar Utara telah tersedia sebelumya 2. Jadwal Pelayanan sudah tersedia sebelumnya (di depan pintu masuk dalam bentuk banner) Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang didapat saat itu. Terima kasih

Komentar

1
Sutana Gd 11-09-2015 03:08:13
message user image
Terimakasih kpd dinkes kota dps yg sdh melakukan tindak lanjut. Mudah2an tim medis yg bertugas memberikan pelayanan kesehatan kpd masyarakat bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tgsnya, sehingga masyarakat yg membutuhkan pelayanan kesehatan dpt tertangani dengan baik dan tidak terabaikan. Mungkin pihak dinkes bisa melakukan sidak2 ke puskesmas maupun rumah sakit yg ada di kota dps. Dan dpt berdialog dengan para pasien mengenai tata pelayanan kesehatan yg diterimanya. Dan juga diharapkan dari pihak dinkes tidak ragu untuk menegur oknum petugas kesehatan yg tdk menjalankan tgsnya dgn baik, karena tugas dan kewajiban utama dari petugas kesehatan ialah melayani pasien dengan sepenuh hati. Sekian yg bisa saya sampaikan, dan mohon maaf apabila ada penyampaian yg kurang berkenan. Mudah2an bisa menjadi bahan evaluasi utk mewujudkan pelayanan yg SEWAKA DHARMA